Rabu, 12 Maret 2014

TK-SD-SMP-SMA

Sesuai dengan rencana awal, yaitu nge-post rutin di blog. Sekarang gue lagi berusaha ngelakuinnya, walaupun ga setiap hari. Kali ini gue pengen bahas masa-masa saat masih sekolah. Bagi gue yang masih SMA, jadi gue ceritainnya dari TK sampai SMA doang.
Masa TK
Waktu TK kayanya semua anak terlihat bahagia tanpa beban sedikitpun. Selalu bermain, tertawa, dan berulah konyol dari tingkah lakunya. Yang gue inget di masa TK gue dulu, setiap akhir pekan kita selalu makan bersama sama temen-temen. Semuanya disiapin sama sekolahnya. Kita tinggal makan dan minum. Menunya juga selalu ganti-ganti biar para murid ga bosen kayanya. Di TK gue ada yang kelas pagi dan siang, kalo ga salah gue yang kelas pagi. Pas TK gue cukup aktif ikut beberapa lomba nari, lari, dll. Dulu pas TK gue juga selalu juara1 (Gue gatau kenapa bisa gitu). Di TK gue, yang non-is cuma ada dua orang yaitu gue dan Jonatan (temen kecil gue). Saat foto perpisahan, cuma kita yang ga gunain peci atau kerudung. Sekolah gue sekolah umum (TK Mutiara Nusantara) dan gue nyeritain ini bukan karena gue rasis. Tapi ada pembelajaran yang berharga banget dari masa kecil gue ini. Saat gue main sama temen-temen yang lain ga pernah ada pembedaan entah karena agama, suku, ataupun status sosial. Semuanya bergabung dan tetep kompak satu sama lain. Beda banget sama keadaan masa kini, yang sering mempermasalahkan perbedaan.
Masa SD.
Pas SD, gue udah dihadapkan oleh pilihan cukup sulit. Mama gue suruh pilih mau masuk SD mana. SIngkat cerita, gue pilih SD Santa Lusia. Mulai dengan teman-teman baru yang ga ada se-TK bareng gue. Tapi karena masih kecil, ya tetep main sama siapapun dan asyik-asyik aja sama semua keadaan. Gue naik jemputan untuk pergi-pulang sekolah. Nah, supir jemputan gue unik-unik banget loh. Yang pertama namanya Om Peter, beliau seorang pelayar yang tobat karena dapet panggilan Tuhan. Beliau orang kaya, tapi entah kenapa memutuskan alih profesi jadi supir jemputan. Beliau juga seorang pelayan Tuhan, kadang beliau bersaksi di gereja-gereja tentang kebesaran Tuhan. Nah gue dapet banyak banget pembelajaran iman dari beliau. Yang kedua namanya Om Egi, beliau seorang preman NTT yang lumayan tobat. Walaupun tobat tapi kadang beliau masih suka nyeleneh dan emosional. Singkat cerita tentang kehidupannya Om Egi, gue dapet pembelajaran mengenai pasangan beda agama dan tentang kerasnya hidup dari beliau. Gue agak shock saat beberapa bulan lalu, gue ketemu Om Egi yang sekarang kerja jadi supir toko furniture. Om Egi masih kenal sama gue. Good! Pas SD, gue udah mulai sering kelayapan sama temen-temen bahkan pernah nonton bareng guru gue (Mrs. Stefani). Entah main ke rumah temen atau nonton bioskop atau main di mall. Saat ini gue gatau apakah itu tergolong alay atau engga. Gue punya sahabat-sahabat yang ga bisa dilupain banget, kita masih bertemen sampai sekarang. Cool!
Masa SMP
Awalnya gue mau masuk SMPN 9 Bekasi (yang katanya bagus), tapi karena pendaftarannya keburu tutup akhirnya gue tetep lanjut di SMP Santa Lusia. Banyak temen SD yang lanjut ke SMP, jadi pas baru masuk udah punya banyak temen. Walaupun banyak juga yang dari luar, tapi gue tetep temenan sama siapapun kok. Gue belajar banyak banget hal dan keagamaan saat gue SMP. Pas SD, keluarga gue jarang ke gereja. Tapi entah apa alasannya, semenjak SMP, bolos gereja seolah menjadi larangan. Gue juga masih tetep naik jemputan. Supir jemputan selama tiga tahun ga berubah yaitu Nana. Awalnya gue manggil Om Nana tapi kayanya beliau kurang pantes dipanggil Om. Kalau ga salah cuma beda lima tahun. Beliau gaul banget sampai terjerumus ke pergaulan bebas. Awalnya gue agak serem sebenernya jadi anak jemputannya. Beliau sering cerita tentang pergaulan bebas yang pernah dilakuin mulai dari miras hingga seks bebas. Tapi yang gue salut, Nana berani ngakuin itu di depan orang banyak. Nana juga lumayan tobat, walaupun belum bisa tobat mainin cewek (wkwk). Hampir setiap hari Nana curhat tentang kehidupannya. Kita anak jemputan cuma bisa dengerin, ngejek, dan bilang kalo Nana kaya ibu-ibu. Nana juga suka kasih larangan-larangan bergaul. Ya intinya, tanggapan awal gue musnah. Nana ga seburuk yang gue kira, bahkan asyik banget orangnya. Jemputan gue satu-satunya jemputan yang pakai soundsystem sebesar itu, ibaratnya nih kalau jemputan kita lewat gang rumah pasti gang sebelah ikutan denger lagu-lagunya. Sampai Mamanya Michelle bilang jemputan kita kaya diskotik berjalan. Wahh, kangen banget deh pokoknya sama DBC! Pas SMP, gue juga sempet jadi Ketua OSIS, sampai saat ini gue gatau kenapa itu terjadi. Padahal pas pencalonan, saingan gue berat semua. Ada anak tergaul di sekolah, ada anak terpinter di sekolah, ada anak tercantik di sekolah, gue doang kayanya yang biasa banget. Eh tapi, Tuhan nentuin jalannya ke gue. Gue juga dapat banyak pembelajaran dari jadi Ketos. Mulai dari berbicara di depan umum, bersikap bijaksana, memprogramkan kegiatan sekolah, mengatur biaya, sampai bersosialisasi sama lingkungan sekitar. Guru yang ga pernah gue lupain adalah Suster Okta. Beliau seolah-olah Ibu kedua. Dia selalu perhatian walaupun kadang galak. Dan beliau yang ngajarin gue peduli sama orang-orang yang kurang mampu. Para biarawati KSFL (nama ordo) bergelut dalam bidang sosial yaitu mengajar anak-anak kurang mampu. Saat gue jadi OSIS, Suster Okta ngajakin kita untuk ikut ngajar. Dan singkat cerita, semua anak yang Biarawati KSFL ajar punya semangat belajar yang tinggi banget. Mereka juga punya sopan santun dan keramahan. Gue kangen banget bisa berbagi sama mereka. Kalau ga salah, nama anak didik gue Fitrah. Gue pengen banget bahas dan ceritain tentang ini di lain waktu. Sampai saat gue udah mau lulus, semua hal-hal di SMP paling gokil. Kenakalan-kenakalan yang gue lakuin cukup parah. Tapi prestasi juga tetep oke. Masa terindah menurut gue pas SMP.
Masa SMA
Gue ga bisa cerita banyak tentang masa SMA karena gue belum selesai ngelaluinnya. Gue sekolah di SMA Negeri 5 Bekasi. Masa SMA adalah masa dimana gue nemuin orang orang yang kepribadiannya aneh. Mulai yang nakalnya parah banget, yang hobi belajar, yang munafik, yang sok eksis, yang temen makan temen, dan yang teraneh lainnya. Kepribadian gue berubah di SMA ini. Semua yang gue omongin atau lakuin harus selalu diatur. Sampai seolah-oleh ke-natural-an diri gue sendiri hilang. Kepribadian saat main sama temen atau di sekolah atau di rumah atau di lingkungan lain bertolak belakang semua. Entah kenapa bisa gitu. Gue harap sih sisa masa SMA gue bisa ngukir kenangan yang lebih indah dibanding masa-masa sebelumnya. Flat banget kan masa SMA? Isinya cuma belajar ga menentu dan mengejar nilai (yang menurut gue ga terlalu penting). Sebenernya kita sekolah nuntun ilmu atau nuntun nilai? Menurut gue sih nuntun ilmu. So, belajar dan hidup untuk ilmu bukan untuk nilai.

Yuk, ceritain masa-masa sekolah kalian di kolom komentar!

2 komentar :

  1. ------------------------------------------------------------- ------------------------------------------------
    DOWNLOAD ONLINE MOVIE 2016
    BATMAN VS SUPERMAN DOWNLOAD MOVIE HD
    KELUARAN FILM TERBARU LENGKAP UPDATE

    ------------------------

    BalasHapus
  2. De boleh minta info pendaftran SMP nya ya.tks

    BalasHapus