Selasa, 30 Agustus 2011

Sinetron -____-

Gue akuin Indonesia emang kaya banget akan sinetronnya. Gue rasa judul A-Z juga ada deh di Indonesia. Lo mau cari sinetron tentang apa aja pasti ada deh. Contoh: Putri Yang Ditukar, Anugrah, dll. Sangkin banyaknya sinetron, gue jadi males banget nontonnya. Dan gue rasa orang-orang juga ngerasain itu.
"Din, lo tau gak cinta apa yang awet banget?"
"Cintaku padamu kali haha."
"Salah, jawabannya Cinta Fitri din."
"Emang kenapa bro?"
"Buktinya udah sampe season 7"
"Oh, lo tau gak putri apa yang sedang heboh dicari-cari?"
"Hmmm, gatau din."
"Putri Yang Ditukar, secara si Amira kan lagi hilang. Dan lebay banget sampe dicari ke Bali, Jogja, Singapura, Hongkong."
"Betul tuh, gue panik nih."
"Kenapa bro?"
"Panik kalo Amira hilang berarti PYD gak tayang dong!"
Maless dehhh :(

PREDIKSI ADEGAN SINETRON YANG PALING SERING DIPAKAI
Adegan pertama
Saat ada pemeran yang lagi stress atau putus asa pasti dia lagi jalan dipinggir jalan, dan gak lama dari itu ada mobil/truk yang mau nabrak dia.
Adegan kedua
Sebelum pemeran hampir kena tabrak, eh lawan mainnya langsung nyelamatin nyawanya si pemeran dengan cara didorong/ditarik. Eh entar akhirnya, si pemeran dan lawan mainnya jatoh ke aspal sambil pelukan gimana gitu.
Adegan ketiga
Pemeran yang berperan sebagai remaja SMP/SMA udah bawa gadget canggih banget dan motor/mobil yang mewah banget ke sekolah. Dan yang paling parahnya lagi, guru atau orangtua si pemeran gak ngelarang atau marahin dan bahkan diperbolehkan.
Adegan keempat
Pemeran berperan sebagai pasangan remaja. Pasti pemeran-pemeran itu udah bertingkahlaku udah sangat dewasa banget dan kesannya terlalu gak pas dengan umur asli. Contoh: si A ngajak dinner si B di restoran mahal.
Adegan kelima
Si pemeran pengen bunuh diri gara-gara suatu hal, eh tiba-tiba pasangan si pemeran itu dateng dan ngelarang atau ngebujuk agar dia gak jadi bunuh diri. Dan akhirnya mereka berdua malah pelukan dengan raut wajah haru atau sedih.
Adegan keenam
Pemeran berperan sebagai pembantu. Tapi karakter pembantunya penghasut, penggoda, genit, susah diatur sama majikannya, dsb. Contoh: Surti di PYD.
Adegan ketujuh
Pemeran antagonis menculik atau menyiksa atau membuat suatu tindakan buruk terhadap pemeran utama. Setelah itu pemeran utama dapat melarikan diri. Tapi dia gak ngelaporin siapa pelaku yang menyebabkan dia mengalami hal itu. Dan waktu polisi nyari pelakunya, pelakunya gak ketahuan dan ketangkep.
Adegan kedelapan
Pemeran gak sengaja tabrakan atau masuk ke sungai terus dia kebawa aliran sungai dan gak tau nyampe dimana atau nyasar. Waktu dia bangun dia hilang ingatan dan dia ditemuin sama warga sekitar tempat dia ditemuin.

Emang gak heran kalau kita sebagai penonton jenuh dengan sinetron, buktinya kayak Cinta Fitri tuh gak selesai-selesai. Dari Fitri orang kampung, Fitri nikah sama Farel, Fitri mulai belagu, Fitri mulai make behel (gak pantes), Fitri punya anak, Fitri dan Fitri dan Fitri. Ibarat kata 'benang kagak ada ujungnya'. Sampe-sampe adegan pemain sering banget ketebak sama penonton karena sangkin seringnya dipake dari sinetron A sampe sinetron Z. Semuanya bassiiii meeennnn -__-
Kalau film horor laku karena kebanyakan adegan *****-nya, kalau sinetron laku karena kebanyakan adegan yang diulang-ulang alias memperbanyak episode.

Kenapa coba para pembuat sinetron itu gak berpikir ngebuat adegan-adegan lain yang lebih masuk diakal. Gue yakin kalo adegannya masuk diakal pasti penonton juga semangat nontonnya. Contohnya: adegan yang nunjukin adanya aksi atau perlawanan dari pemain A dan B maupun sebaliknya.
Yang gue harap (sebagai penonton) sinetron Indonesia makin maju, jalan ceritanya lebih masuk diakal. Dan jangan pernah buat Cinta Fitri atau Putri Yang Ditukar lainnya lagi ya. Yang pasti penonton tuh butuh kualitas dari yang ditonton.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar